Kamis, 15 November 2018

Upacara Peringatan Hari Pahlawan - MAN 1 Ponorogo


Berita Acara

UPACARA DALAM RANGKA PERINGATAN HARI PAHLAWAN



 Ponorogo, 10 November 2018.

                Pada hari sabtu 10 November 2018 lalu, MAN 1 Ponorogo mengadakan kegiatan Upacara peringatan Hari Pahlawan yang diikuti oleh seluruh warga madrasah. Eksekutor dalam kegiatan ini adalah Pengurus OSIS dan Anggota Pramuka MAN 1 Ponorogo. Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih satu jam di lapangan belakang Madrasah dengan khidmat.

                Upacara peringatan hari pahlawan ini berlangsung dengan lancar dan penuh khidmat. Pasukan pengibar bendera yang terdiri dari 3 pasukan, dapat mengibarkan bendera kebesaran merah putih dengan penuh rasa kebanggaan. Atmosfir rasa bangga, bahagia, dan haru amat kuat terasa, ketika prosesi penghormatan kepada bendera merah putih diiringi lagu Indonesia raya. Tim Paduan Suara MAN 1 Ponorogo dengan lantangnya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dengan diiringi Instrumen lagu. Senyuman kecilpun dapat terlihat pada wajah seluruh petugas dan peserta upacara pada saat itu.

                Pada upacara peringatan hari pahlawan tersebut, pembina upacara menyampaikan amanat yang berisi ajakan kepada seluruh pemuda dan seluruh warga madrasah untuk menjadi warga Negara RI yang nasionalis, berbakti pada nusa dan bangsa. Bu Herlina sebagai pembina upacara pun juga menyadarkan betapa pentingnya peningkatan sikap nasionalis kita sebagai insan yang hidup di bumi ibu pertiwi ini, bumi Indonesia. Dengan penyampaian amanat tersebut, diharapkan agar seluruh warga madrasah dapat terus kuat menjaga dan mensyukuri nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepada bangsa yang besar ini. Serta, diharapkan juga agar kita semua dapat meneruskan perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan dan mengharumkan nama NKRI.
                Setelah penyampaian amanat oleh pembina upacara, terdapat prosesi “Menyanyikan lagu Syuhada’ kemerdekaan, mars madrasah, dan hymne madrasah” oleh seluruh peserta upacara. Syair perjuangan yang terdapat dalam lagu Syuhada’ Kemerdekaan pun dapat terasa, ketika dinyanyikan pada saat upacara. Pak Fikri selaku guru, berpendapat bahwa lagu syuhada’ kemerdekaan membuat semangat nasionalisme bangkit ketika dinyanyikan pada saat upacara tersebut.

                Prosesi terakhir dalam upacara tersebut adalah Pembacaan Do’a. Ketika do’a dibacakan oleh Muhammad Khoirul Umam selaku petugas upacara, seluruh peserta dan petugas upacara pun menundukkan kepala seraya mengucap Aamiin atas doa – doa yang dihaturkan. Kita semua berdoa agar para pahlawan ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya dan juga berdoa agar NKRI dapat terjaga hingga akhir zaman.
                Dengan diadakannya kegiatan semacam ini, diharapkan rasa Nasionalisme dan rasa cinta terhadap bangsa serta Negara dapat tertanam kuat pada hati seluruh warga Madrasah. Dan semoga dengan adanya kegiatan ini, seluruh warga Madrasah bisa mendapatkan Ridho dan balasan baik dari Allah SWT.


Instagram : 

Facebook :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Seleksi Open Recruitment OSIS MAN 1 PONOROGO 2020/2021

  HASIL SELEKSI ANGGOTA OSIS MAN 1 PONOROGO | Minggu 30 Agustus 2020 Hai! Apa kabar teman-teman MAN 1 PONOROGO ? Sudah Gak Sabar Menunggu Ha...