Sabtu, 24 November 2018

Pekan Maulid Nabi Muhammad SAW MAN 1 Ponorogo Tahun 2018


Mendaki Keberkahan Milad Sang Baginda Rasul

Apel Pembukaan Pekan Maulud Nabi 2018

Kata maulid memiliki makna yang sama dengan kata milad yang diambil dari bahasa Arab yang artinya “hari lahir”. Makna maulid perlu dikaji, ditelaah dan diselami secara mendalam. Agar peringatan maulid nabi tidak sekadar menjadi seremonial belaka, tetapi memiliki makna yang substansial dan menjadi wadah untuk meningkatkan kecintaan terhadap baginda Muhammad SAW.

Peringatan maulid nabi pertama kali dilakukan oleh Raja Ibril yang saat ini berada di wilayah Irak, yakni Muzhaffarudin al Kaukabri pada sekitar abad ke-7 hijriah. Tradisi perayaan maulid nabi tersebar luas dan berkembang pesat di berbagai Negara di dunia, salah satunya adalah Indonesia.

Senin, 19 November 2018 bertepatan tanggal 11 Rabiul Awwal 1440 H, MAN 1 Ponorogo mengadakan berbagai rangkaian acara dalam memperingati hari maulud nabi Muhammad SAW. Yaitu Acara “PEKAN MAULUD NABI MUHAMMAD SAW” Yang bertujuan sebagai sarana untuk memperingati hari lahirnya nabi Muhammad SAW, serta perjuangan beliau yang telah membawa umatnya dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang. Tak lupa, acara ini berisi lomba-lomba yang sangat seru. Diantarannya
1.      Tilawatil Qur’an
2.      Pidato Bahasa Arab
3.      Kaligrafi
4.      Pidato Bahasa Indonesia
5.      Puisi
6.      Paduan Suara Hymne Madrasah dan Mars Madrasah

“Cabang-cabang perlombaan tersebut dipilih dengan tujuan agar rasa cinta terhadap Rasulullah SAW dan Madrasah semakin tertanam di hati para siswa siswi. Selain itu, dengan diadakannya perlombaan-perlombaan tersebut, diharapkan dapat menambah ilmu serta wawasan bagi siswa siswi.” Ungkap Yusuf Al-Afghani selaku Ketua OSIS Man 1 Ponorogo.

Selain berisi lomba-lomba yang sangat seru, para siswa-siswipun juga menjadi sarana pendukung kemeriahan acara maulud nabi muhammad SAW tersebut. Seluruh siswa-siswi MAN 1 Ponorogo ikut berpartisispasi aktif dalam acara tersebut dan tak lupa dalam perlombaan tersebut bapak/ibu guru, juga ikut berpartisipasi dalam memeriahkan acara maulid nabi Muhammad SAW. Dengan menjadi seorang dewan juri yang handal sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Acara “PEKAN MAULUD NABI MUHAMMAD SAW” Dimulai sejak pukul 07.30 WIB, dilapangan Man 1 Ponorogo. Diawali dengan upacara bendera dan diakhiri dengan upacara penutupan pada pukul 15.00 WIB.

Foto Para Juara Perlombaan.

Dalam kemeriahan acara maulid nabi Muhammad SAW di MAN 1 Ponorogo. Dapat diambil kesimpulan, bahwa untuk memperingati hari maulid nabi Muhammad SAW, Kita sebagai umatnya haruslah mengingat jasa beliau, selalu mendo’akan beliau dan selalu melantunkan sholawat kepada beliau. Karena dengan syafa’at beliaulah kita bisa mendapatkan pertolongan di akhirat nanti. Aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil Seleksi Open Recruitment OSIS MAN 1 PONOROGO 2020/2021

  HASIL SELEKSI ANGGOTA OSIS MAN 1 PONOROGO | Minggu 30 Agustus 2020 Hai! Apa kabar teman-teman MAN 1 PONOROGO ? Sudah Gak Sabar Menunggu Ha...